Al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin Al-‘Abbad

Beliau adalah Al-Allamah al-Muhaddits al-Faqih az-Zahid al-Wara’ asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad bin ‘Utsman al-‘Abbad Alu Badr –semoga
Allah memelihara beliau dan memperpanjang usia beliau dalam ketaatan kepada-Nya dan memberkahi amal dan lisan beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa Jalla.
Alu Badr merupakan keturunan Alu Jalas dari Kabilah ‘Utrah salah satu kabilah al-‘Adnaniyah. Kakek tingkatan kedua beliau adalah ‘Abdullah yang memiliki laqob (gelar) ‘Abbad, yang kemudian akhirnya keturunan beliau dikenal dengan intisab kepada laqob ini, diantaranya adalah Syaikh ‘Abdul Muhsin sendiri. Ibu beliau adalah putri dari Sulaiman bin ‘Abdullah Alu Badr.

Kelahiran Beliau
Beliau lahir setelah sholat Isya’ pada malam Selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 1353H di ‘Zulfa’ (300 km dari utara Riyadh).
Beliau tumbuh dan dewasa di desa ini dan belajar baca tulis di sekolah yang diasuh oleh masyaikh Zulfa.

Perjalanan Menuntut Ilmu
Ketika dibangun Madrasah Ibtida’iyah pertama kali di Zulfa pada tahun 1368, Syaikh masuk ke madrasah ini pada tahun ketiga dan memperoleh ijazah Ibtida’iyah pada tahun 1371 H.
Kemudian Syaikh pindah ke Riyadh dan masuk ke Ma’had al- ‘Ilmi Riyadh, salah satu tempat belajar Imam Ibnu Bazz rahimahullahu sebelumnya. Setelah lulus, syaikh melanjutkan studinya di Kuliah Syari’ah di Riyadh. Menjelang tahun akhir studi beliau di Kuliah, beliau mengajar di Ma’had Buraidah al- ‘Ilmi, ketika akan ujian akhir kuliah, beliau kembali ke Riyadh
dan menyelesaikan ujian beliau.
Sungguh Alloh benar-benar memuliakan beliau, walaupun beliau sibuk mengajar namun beliau tetap bisa menjadi ranking satu di antara rekan-rekan beliau yang bejumlah hampir 60 lulusan.
Beliau senantiasa dalam peringkat satu mulai dari awal belajar beliau hingga beliau lulus dan mendapatkan ijazah dari Ma’had ‘Ilmi dan Kuliah Syari’ah di Riyadh.
Syaikh sangat antusias di dalam menimba ilmu baik di Universitas maupun di masjid-masjid, beliau banyak belajar dari para ulama besar semisal Imam Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Imam ‘Abdul Aziz bin Baz, al-‘Allamah Muhammad al-Amin asy-Syinqithi, al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-‘Afriqi, al-‘Allamah ‘Abdurrazaq ‘Af ifi, al-‘Allamah Hammad al-Anshari dan lainnya rahimahumullahu ajma’in.
Syaikh menceritakan bahwa beliau pernah belajar kepada Syaikh ‘Abdurrahman al-‘Af riqi di Riyadh pada tahun 1372 tentang ilmu hadits dan mushtholah-nya. Beliau hafizhahullahu berkata tentang Syaikh al-‘Afriqi rahimahullahu :
كان مدرسًا ناصحًا وعالماً كبيرًا ، ومو  جهًا ومرشدًا وقدوة في الخير رحمه الله تعالى
“Beliau adalah seorang pengajar, penasehat dan ‘alim besar. Beliau adalah seorang pengarah, pembina dan tuntunan di dalam kebaikan. Semoga Alloh Ta’ala merahmati beliau.”
Ketika pertama kali didirikan Universitas Islam Madinah, dan mata kuliah yang pertama kali ada adalah kuliah syari’ah, Samahatus Syaikh Muhammad bin Ibrahim memilih beliau untuk menjadi dosen dan mengajar di sana. Syaikh mulai mengajar pertama kali pada hari Ahad tanggal 3/6/1381 H, dan beliau adalah orang pertama kali yang memberikan pelajaran pada hari itu. Semenjak tanggal itu, syaikh senantiasa mengajar di Universitas Islam Madinah, bahkan hingga saat ini beliau tetap masih mengajar padahal beliau telah pensiun, dengan izin
khusus kerajaan.
Pada tahun 1393 H., Syaikh diangkat sebagai wakil rektor Universitas Islam Madinah dan rektor Universitas Islam pada saat itu adalah Samahatus Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu. Syaikh senantiasa menggantikan Imam Ibnu Baz apabila beliau berhalangan, sehingga seringkali Universitas Islam Madinah saat itu disebut orang-orang sebagai Universitas Bin Baz dan ‘Abdul Muhsin.
Setelah Imam Ibnu Baz menjadi kepala Lembaga Buhutsul ‘Ilmiyyah wal Ifta’ (Pembahasan Ilmiah dan Fatwa), maka Syaikh ‘Abdul Muhsin yang menggantikan kedudukan beliau di Universitas Madinah sebagai rektor. Walaupun telah menjadi rektor dengan segala kesibukannya, Syaikh tidak pernah absen mengajar dua kali seminggu di Fakultas Syari’ah.
Ketika Syaikh ‘Abdul Muhsin menjadi rektor di Universitas Islam Madinah, perpustakaan Universitas benar-benar kaya dengan warisan salaf berupa makhthuthat (manuskrip-manuskrip) yang mencapai 5.000 manuskrip. Al-‘Allamah Hammad al-Anshori sampai-sampai berkata :
تراث السلف الذي  ص  ور للجامعة الإسلامية أغلبه في عهد الشيخ عبد المحسن العباد عندما
كان رئيسًا للجامعة الإسلامية
“War isan salaf yang dikopi untuk Universitas Islam sangat banyak dilakukan pada zaman Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad ketika beliau menjadi rektor Universitas Islam.” Dan mayoritas manuskrip tersebut adalah dalam bidang ilmu hadits dan aqidah salafiyah.
Dan yang lebih mengagumkan lagi, Syaikh walaupun menjadi seorang rektor Universitas, beliau lebih sering melakukan tugasnya sendiri dan lebih sering menghabiskan waktunya di Universitas, mulai pagi hingga sore. Sampai-sampai Al-‘Allamah Hammad al-Anshori mengatakan, bahwa seharusnya ditulis sejarah khusus tentang perikehidupan al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad. Di tengah-tengah kekagumannya, al-‘Allamah al-Anshori menuturkan :
ومرة جئته بعد العصر بمكتبه وهو رئيس الجامعة فجلست معه ثم قلت : يا شيخ أين القهوة
؟ ، فقال : الآن العصر ولا يوجد من يعملها ، ومرة عزمت أن أسبقه في الحضور إلى
الجامعة فركبت سيارة وذهبت ، فلما وصلت إلى الجامعة فإذا الشيخ عبد المحسن يفتح باب
الجامعة قبل كل أحد
“Suatu ketika aku tiba di kantor beliau, dan beliau ketika itu adalah rektor Universitas. Kemudian aku duduk bersama beliau dan aku berkata kepada beliau, ‘ya syaikh, mana kopinya?’, lantas beliau menjawab : ‘sekarang ini waktu ashar (sore), tidak ada orang yang kerja sekarang ini.’ Suatu har i pula, aku bertekad untuk mendahului kehadiran beliau di Universitas, lantas aku naik mobil dan bergegas berangkat –pagi-pagi-.
Ketika aku sampai di Universitas, ternyata Syaikh ‘Abdul Muhsin (sudah tiba duluan dan) membuka pintu gerbang Universitas sebelum semua orang datang.”
Saya berkata, Subhanallohu, sungguh sangat langka orang seperti beliau ini, walaupun beliau memiliki kedudukan dan gelar yang tinggi, namun beliau tidak silau sama sekali dengan kedudukannya. Beliau menganggap diri beliau sama seperti lainnya, bahkan beliau menganggap kedudukan beliau tersebut adalah amanah. Semoga Alloh menganugerahi llmu dan
kebaikan bagi syaikh kami, al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad al-Badr.

Diantara Guru beliau :
– Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Ahmad al-Mani’
– Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad al-Munif i
– Asy-Syaikh Falih bin Muhammad ar-Rumi
– Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim
– Al-Allamah Abdullah bin Abdurrahman al-Ghaits
– Al-Allamah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin
– Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithy
– Al-Allamah asy-Syaikh Abdurrahman al-Afriqy
– Al-Allamah asy-Syaikh Abdur Razaq Afif i
– Al-Allamah asy-Syaikh Umar Falatah
– Dan masih banyak lagi rahimahumullahu jami’an.

Diantara Murid beliau :
Beliau memiliki banyak sekali murid yang menimba ilmu darinya, beristifadah (memetik faidah) dan meminum air telaga ilmu yang segar lagi murni. Berikut ini adalah diantara muridmurid beliau yang terkenal :
– Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali
– Asy-Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdillah al-Jabiri
– Asy-Syaikh ‘Ashim bin ‘Abdillah Alu Ma’mar al-Qoryuthi
(Beliau juga diantara murid Imam al-Albani rahimahullahu yang ternama).
– Asy-Syaikh Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili
– Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili
– Asy-Syaikh ‘Abdurrozaq bin ‘Abdul Muhsin al-‘Badr (Putera beliau sendiri).
– Asy-Syaikh ‘Abdul Malik Ramadhani al-Jaza`iri
– Asy-Syaikh Tarhib ad-Dausari
– Dan masih banyak lagi haf izahumullah jami’an

Karya Ilmiah dan Ceramah Beliau :
Syaikh memiliki kurang lebih 40 karya ilmiah, sebagaimana yang beliau diktekan kepada murid beliau, Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad al-‘Umaisan haf izhahullahu di dalam buku Ithaaful ‘Ibaad bi Fawa`id Durusi as-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad al-‘Abbad, sebagai berikut :
· Al-Qur’an al-Karim :
1. Aayaatu Mutasyaabihaatu al-Alfaazh fil Qur’anil Karim wa Kaifa Tamyizu Bainahuma.

Al-Hadits :
2. Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Bukhari Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
3. Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Muslim Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
4. Dirosah Hadits “Nadhdharallahu Imra`an Sami’a Maqoolatiy…” Riwayatan wa Dirayatan
5. Fathul Qowiyyil Matin fi Syarhil Arba’iina wa Tatimmah al-Khomsiina lin Nawawi wa Ibni Rajab rahimahumallahu
6. Syarhu Hadits Jibr il fi Ta’limid Dien
7. Kayfa Nastafiidu minal Kutubi al-Haditsiyyah as-Sittah
8. Ijtina`I ats-Tsamar fi Mushtholah Ahlil Atsar (ini buku pertama Syaikh yang beliau tulis di Ma’had Buraidah tahun 1379)
9. Al-Fawa`id al-Muntaqooh min Fathil Baari wa KutubiUkhroo

Al-‘Aqidah :
10. Qothful Jana ad-Daanii Syarh Muqoddimah Ibnu Abi Zaid al-Qirwani
11. Al-Hatstsu ’ala ittiba`is Sunnah wat Tahdzir minal Bida’ wa Bayaanu Khathariha
12. Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama’ah fish Shahabatil Kiram radhiyallahu ‘anhum wa ardhahum
13. Min Aqwalil Munshifin fish Shohabi al-Khalifah Mu’waiyah radhiyallahu ‘anhu
14. Tahqiq wa Ta’liq ‘ala Kitabai Tathhir al-I’tiqood ‘an Adraanil Ilhaad lish Shin’ani wa Syarh Shudur fit Tahrimi Raf ’il Qubur lisy Syaukani

Fadha`il, Akhlaq, Adab, Nasha`ih dan Tarajim :
15. Min Akhlaqi Rasulil Kar im Shallallahu ‘alaihi wa Salam
16. Fadhlus Sholati ‘alan Nabiyi Shallallahu ‘alaihi wa Salam wa Bayanu Ma’naha wa Kaifaiyatiha wa Syai’un mimma Ullifa fiiha
17. Fadhlu Ahli Bait wa ‘Uluwwi Makaanatihim ‘inda Ahlis Sunnah wal Jama’ah
18. Fadhlul Madinah wa Aadabu Sukkaniha wa Ziarotiha
19. Rifqon Ahlas Sunnah bi Ahlis Sunnah
20. Atsaru al-‘Ibadaat fi Hayatil Muslim
21. Tsalatsu Kalimaat fil Ikhlaashi wal Ihsaani wal Iltizaami bis Syari’ah
22. Al-‘Ibrah f isy Syahr i Shoum
23. Min Fadha’ilil Hajj wa Fawa`idihi
24. Bi ayyi Aqlin wa Diinin Yakunu at-Tafjiir wat Tadmiir Jihaadan!!!
25. Budzlun Nushhi wat Tadzkiir Libaqooya al-Maftuniin bit Takfir wat Tafjir
26. Kaifa yu`addi al-Muwazhzhaf al-Amaanah
27. ‘Alimun Jahbidz wa Malikun Fadz
28. Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu Namudzaj minar Ra’ilil Awwal
29. Asy-Syaikh Muhammad bin Utsaimin rahimahullahu minal Ulama`ir Robbaniyyin
30. Asy-Syaikh ‘Umar bin Muhammad Fallatah rahimahullahu wa Kaifa Araftuhu

Rudud :
31. Aghuluwwun fi Ba’dhil Quroobah wa Jafa`un fil Anbiyaa` wash Shohabah
32. Al-Intishar lish Shahabah al-Akhyar fi Raddi Abaathil Hasan al-Maliki
33. Al-Intishar li Ahlis Sunnah wal Hadits fi Raddi Abathil Hasan al-Maliki
34. Ad-Difa’ ‘anis Shahabah Abi Bakrah wa Marwiyatihi wal Istidlaal liman’i Wilayatin Nisaa` ‘alar Rijaali
35. Ar-Roddu ‘alar Rifaa’i wal Buthi f i Kidzbihima ‘ala Ahlis Sunnah wa Da’watihima ilal Bida’i adh-Dhall
36. At-Tahdzir min Ta’zhimil Aatsar ghoyr al-Masyru’ah
37. Ar-Roddu ‘ala man kadzaba bil Ahaditsis Shahihah al-War idah fil Mahdi
38. Aqidah Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi al-Muntazhar

Fiqh :
39. Ahammiyatul ‘Inaayah bit Tafsir wal Hadits wal Fiqh
40. Syarh Syuruthis Shalah wa Arkaniha wa Waajibatiha lisyaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab
41. Manhaj Syaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab fit Ta’lif
Diantara kajian rutin beliau yang terekam adalah sebagai berikut:
– Syarh Shohihil Bukhari (142 kaset)1, selebihnya belum direkam.
– Syarh Kitabil Imarah min Shahihil Muslim (8 kaset), sebenarnya Syaikh memiliki pelajaran Syarh Shahih Muslim, namun sayangnya tidak terekam.
– Syarh Sunan an-Nasa`i (414 kaset).
– Syarh Sunan Abi Dawud (373 kaset)2.
– Syarh Sunan at-Turmudzi, ceramah beliau ini masih berlangsung.
– Syarh Alfiyyah Suyuthi fil Hadits (57 kaset)
– Syarh Adabul Masyi ilas Sholah li Syaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab (14 kaset)
– Syarh al-‘Arba’ina wa Tatimmal Khomsiina lin Nawawi wa Ibni Rojab rahimahumallohu (23 kaset).
– Fadhlul Madinah wa Adabu Sukanihaa wa Ziyarotiha (4kaset)
– Kitabush Shiyami min Al-Lu’lu’ wal Mar jan (7 kaset).
1 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi adalah sejumlah 623 kaset dan belum semuanya terekam.
2 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi adalah sejumlah 272 kaset.
– Syarh Aqidah ibnu Abi Zaid al-Qirwani (9 kaset).3
– Tathhirul I’tiqood lish Shon’ani (7 kaset).
– Syarhus Shudur lisy Syaukani (4 kaset).

Beliau juga memiliki ceramah-ceramah ilmiah lainnya, diantaranya adalah :
– Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhu baina Ahlil Inshaf wa Ahlil Ijhaaf.
– Al-Iman bil Ghoib.
– Arba’ Washoya lisy Syabab.
– Atsaru ‘Ilmil Hadits.
– Taqyiidun Ni’am bisy Syukr i.
– Mahabbatur Rasul Shallallahu ‘alaihi wa Salam (2 kaset).
– Tawqiirul ‘Ulama`wal Istifaadah min Kutubihim.
– Atsarul ‘Ibadah fi Hayatil Muslimin.
– Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin wa Syai`un min Siiratihi wa Da’watihi.
– Asy-Syaikh ‘Umar bin ‘Abdurrahman Fallatah Kaifa Aroftuhu
– Khatharul Bida’
– Dll.

3 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi sejumlah 14 kaset.
Kaset-kaset rekaman beliau ini direkam oleh Tasjilat Ibnu Rajab di Madinah, Al-Asholah di Jeddah, Sabilul Mu’minin di Dammam dan Minhajus Sunnah di Riyadh.

Putera-putera beliau :
Diantara putera-putera beliau adalah :
1. Syaikh DR. ‘Abdurrazaq bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
2. Muhammad bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
3. ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
4. ‘Umar bin ‘Abdil Muhsin haf izhahullahu.
5. ‘Utsman bin ‘Abdil Muhsin haf izhahullahu.
6. ‘Ali bin ‘Abdil Muhsin haf izhahullahu.
7. ‘Abdurrahman bin ‘Abdil Muhsin haf izhahullahu.

Pujian Ulama terhadap beliau :
Diantara keutamaan dan kemuliaan para ulama, adalah adanya pujian dan sanjungan dari ulama lain. Di antara pujian para ulama Ahlis Sunnah terhadap beliau adalah:
1. Al-Imam ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullahu :
Beiau rahimahullahu berkata memuji ceramah dan risalah Syaikh ‘Abdul Muhsin yang berjudul “Aqidah Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi al-Muntazhar” :
فإنا نشكر محاضرنا الأستاذ الفاضل الشيخ عبد المحسن بن حمد العباد على هذه
المحاضرة القيمة الواسعة…
“Kami ucapkan terima kasih kepada Ustadz yang mulia, asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad al-‘Abbad atas ceramah beliau yang lurus dan sarat (manfaat)…”4
2. Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Hammad al- Anshori rahimahullahu :

Beliau rahimahullahu berkata :
إن الشيخ عبد المحسن العباد ما رأت عيني مثله في الورع
“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad, tidaklah tampak pada kedua mataku ada orang yang semisal beliau di dalam kewara’an.”5

Beliau rahimahullahu juga berkata :
4 Majmu’ Fatawa wa Maqoolaat Mutanawwi’ah (IV/98).
5 Al-Majmu’ fi Tarjamati al-‘Allamah al-Muhaddits asy-Syaikhk Hammad bin Muhammad al-Anshari (II/621).
إن الشيخ عبد المحسن العباد ينبغي أن يكت  ب عنه التاريخ ، كان يعمل أعما ً لا في الجامعة
تمنيت لو أني كتبتها أو سجلتها

“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad layak ditulis sejarahnya, beliau dahulu bekerja di Universitas (Islam Madinah) yang aku berangan-angan untuk menuliskan atau merekam sejerah beliau.”6

3. Al-‘Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan
rahimahullahu :
Al-‘Allamah al-Fauzan berkata memuji para ulama sunnah di dalam kaset ceramah beliau yang berjudul al-As`ilah as- Suwaidiyah pada tanggal 5 Rabi’ul Akhir 1417 H :
كذلك من العلماء البارزين الذين لهم قدم في الدعوة ، فضيلة الشيخ عبد المحسن
العباد ، فضيلة الشيخ ربيع هادي ، كذلك فضيلة الشيخ صالح السحيمي ، كذلك
فضيلة الشيخ محمد أمان الجامي ، إن هؤلاء لهم جهود في الدعوة والإخلاص ، والرد
على من يريدون الانحراف بالدعوة عن مسارها الصحيح ، سواء عن قصد أو عن غير
قصد
“Demikian pula dengan para ulama yang mulia, yang mana mereka terdepan di dalam dakwah, yaitu Fadhilatus Syaikh
6 Al-Majmu’, op.cit., (II/610).
‘Abdul Muhsin al-‘Abbad, Fadhilatus Syaikh Rabi’ Hadi, demikian pula dengan Syaikh Shalih as-Suhaimi dan juga Fadhilatus Syaikh Muhammad Aman al-Jami. Sesungguhnya mereka memiliki andil besar di dalam dakwah dan ikhlas, membantah orang-orang yang menghendaki penyelewengan dakwah dari arahnya yang benar, sama saja baik dengan
sengaja maupun tidak sengaja…”
4. Muhaddits Negeri Yaman, Al-‘Allamah Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullahu Ta’ala :
Beliau pernah ditanya dengan pertanyaan siapakah ulama Arab Saudi yang layak diambil ilmunya” Maka Syaikh rahimahullahu menjawab :
أما الذين أنصح بالأخذ عنهم والذين أعرفهم فهو الشيخ : عبد العزيز بن باز -حفظه
الله- ، والشيخ محمد بن صالح بن عثيمين -حفظه الله- ، والشيخ ربيع بن هادي –
حفظه الله- ، والشيخ عبد المحسن العباد -حفظه الله- ، والشيخ صالح الفوزان –
حفظه الله- …
“Adapun ulama yang aku nasehatkan untuk diambil ilmunya dan aku kenal adalah : Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz hafizhahullahu, Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin hafizhahullahu, Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali haf izhahullahu, Asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin al
‘Abbad haf izhahullahu, Asy-Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullahu …”7

Dan masih banyak lagi deraian untaian pujian dan sanjungan kepada beliau, yang apabila dikumpulkan semuanya, niscaya akan menjadi panjang dan menjadi buku tersendiri.

7 Dari Kaset “Ma’a ‘Abdirrahman ‘Abdil Khaliq”, rekaman tertanggal 12 Syawa 1416, dinukil dari Tuhfatul Mujib karya Imam Muqbil al-Wadi’i.

Perihal Abu Afifah
Zaenal Arifin sang Penuntut Ilmu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: