“Tahukah kalian? Dzikir adalah salah satu ibadah yg mulia. Ucapan dzikir yg paling disukai Allah ada empat, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, & Allahu Akbar.
.
Berikut penjelasan arti & maksud tiap ucapannya:
.
1. Bacaan tasbih (Subhanallah = Maha Suci Allah) adalah menyucikan Allah dari segala kekurangan yg tidak layak bagi-Nya.
.
2. Bacaan tahmid (Alhamdulillah = Segala puji bagi Allah) adalah menetapkan kesempurnaan pada Allah dalam nama, sifat & perbuatan-Nya yg mulia.
.
3. Bacaan tahlil (Laa ilaha illallah = Tidak ada sesembahan yg berhak disembah selain Allah) adalah berbuat ikhlas & mentauhidkan Allah serta berlepas diri dari kesyirikan.
.
4. Bacaan takbir (Allahu akbar = Allah Maha Besar) adalah menetapkan keagungan atau kebesaran pada Allah Ta’ala & tidak ada yg melebihi kebesarannya. Empat kalimat mulia tersebut bisa berfaedah jika bukan hanya di lisan, namun direnungkan & dipahami maknanya di dalam hati. .
Semoga amalan yg sederhana ini dapat menjadi rutinitas kita sehingga lisan ini selalu basah dengan dzikrullah, dzikir kepada Allah SWT.
.
Segala puji bagi Allah yg dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

Semoga renungan ini bermanfaat..

View on Path

Tinggalkan komentar